Puluhan info tentang lowongan kerja dalam negeri dan luar negeri akan di update disini, setiap harinya!!

Tips Sukses Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar


Tips Sukses Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar






Salam sukses Sobat Hotelier semua!!
Tidak dipungkiri, mendapat pekerjaan yang bagus, dengan gaji yang menggiurkan, adalah impian banyak orang, dan salah satu cara medapatkannya adalah dengan bekerja di kapal pesiar. Bisa jalan-jalan gratis, punya banyak teman dari belahan dunia lain, bergaji USD, siapa yang gak mau sich? Tapi bagaimana cara mendapatkannya? Bagaimana prosesnya? Memang, semua butuh proses dan perjuangan, tapi dengan kemauan, keyakinan dan kerja keras, semua pasti bisa terwujud!!! dari semua proses itu, interview menjadi momok yang menakutkan bagi para job seeker, betul?? dikesempatan kali ini saya akan membagi Tips Sukses Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar kepada sobat Hotelier semua...........
Berikut adalah segala sesuatu yang perlu diperhatikan saat Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar,
1. Grooming  atau Kerapian Penampilan.
Sebagai Hospitallity worker, kita tahu bahwa grooming adalah identitas untuk menjual jasa kita, maka dari itu grooming adalah faktor yang harus kita presentasikan pada Interviewer. Pastikan pakaian yang anda kenakan bersih, rapi/tidak kusut, dan wangi. ntuk menjaga penampilan kita tampak fresh, untuk pria, pastikan Anda bercukur sebelum interview, gunakan minyak rambut, parfum, dan penyegar nafas bagi Anda yang merokok. Begitu pula untuk wanita, perhatikan kerapian rambut Anda, rambut yang terikat rapi lebih menonjolkan Anda wanita yang sigap, aktif dan energik dalam bekerja.
2. Kesopanan dan Body Language
Tips Sukses Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar berikutnya adalah Body Language, atau sikap tubuh. Di Hospitality Industries, Body language juga besar pengaruhnya pada sukses tidaknya interview, karena banyak Interviewer menialai kesopanan, etika dan etos kerja dari Body language Anda. Seperti contoh, ketika Interview Anda duduk bersandar santai, itu mencerminkan pemalas, suka mengacuhkan pekerjaan, kurang tanggap atau cekatan, dan itu semua adalah bad image yang harus dihindari oleh job seeker. Lalu bagaimana Body language kita pada saat interview? untuk lebih jelas nya mari kita ulas step by step, body language during interview.
a. Ketuk Pintu 3x dengan pelan dan sopan, ask for permission to enter to the room, jangan pernah masuk ruangan bila interviewer belum mempersilakan Anda masuk.
b. Berjalanlah menuju meja Interviewer dengan tegap dan langkah yang mantap. Berilah kesan dengan senyum! Fokuskan pandangan Anda pada Interviewer, bukan pada sekeliling, dekorasi ruangan, melihat ke arah lantai atau menunduk, dan lainnya, karena itu membuat Anda terlihat tidak percaya diri.
c. Jabat tangan tangan interviewer dengan mantap, tidak terlalu meremas tetapi tidak terlalu lemas, ini mempresentasikan Anda jiwa yang flexible tetapi sigap dan tangkas dalam bekerja.
d. Jawab dengan sopan dan senyum bila interviewer terlebih dahulu menyapa Anda, bila tidak jangan ragu untuk menyapa lebih dahulu, itu menunjukkan Anda yang friendly dan antusias.
e. Mengambil kursi dan posisi duduk. Berdirilah di sebelah kanan kursi Anda, bila interviewer mempersilakan Anda duduk, itulah saatnya kita boleh duduk, bila tidak, ask for permission. Jangan menyeret kursi Anda, angkat bila memungkinkan. Ambil posisi duduk dari depan kursi, bukan dari samping kemudian memutar posisi tubuh dan kaki. Duduk dengan posisi tegak, Anda boleh meletakkan tangan di paha, atau di tepi meja di depan Anda, bukan di kantong celana atau melipat tangan.
f. Eyes contact harus tetap dijaga selama interview bukan melihat sekeliling atau lainnya.

3. Jawab dengan jujur.
Kebanyakan interviewer memiliki ilmu kejiwaan atau sedikit banyak mempunyai pengetahuan tentang ilmu psikolog, baik itu diperoleh dari training khusus atau dari pengalaman mereka mengintervew banyak orang. Dengan persis mereka bisa tahu ketika Anda berbohong atau berbicara jujur. Bekali diri Anda dengan degan pengetahuan tentang hotel atau restoran yang akan Anda lamar, cari referensi dari internet atau sumber lainnya, atau baca Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja di Perhotelan untuk memberi ide.

4. Gunakan Bahasa yang sopan
Latih dan siapkan diri Anda sebelum proses interview, persiapkan ulasan tentang diri Anda, sejarah kerja Anda-bila ada, dan pilihlah bahasa yang sopan, misal, penggunaan 'can you' akan lebih sopan bila menggunakan 'would you like'. Jangan lupa, gunakan Past tense untuk menerangkan hal yang sudah terjadi, misal, lulus sekolah, pengalaman kerja sebelumnya, dll.
 
5. Ucapkan Terima Kasih dan Harapan
Sebagai penutup interview, sekali lagi jabat tangan interviewer, ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan, dan sampaikan harapan Anda secara singkat, padat dan jelas. contoh, thank you so much for this opportunity and I wish I get positive response immedirtly.

dan yang terakhir, dan juga harus dilakukan di awal intervew adalah ber-do'a, karena itu bisa meredam gugup dan memberikan kekuatan mental/bathin dan jangan sampai telat ya? beri estimasi waktu kurang lebih 40 menit untuk me-refresh penampilan Anda sebelum interview dimulai.
Itulah tadi Tips Sukses Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar, buat Sobat Hotelier yang ingin berkarir di hotel atau kapal pesiar, semoga bermanfaat. Tinggalkan comment bila ada pertanyaan, kritik atau saran, jangan lupa share biar yang lain kebagian,
Salam Sukses, Sobat Hoteliers.



3 comments:

  1. Your contents are too straightforward to browse and easy to understand.Mad Monkey

    ReplyDelete
  2. artikelnya keren bang. Oh ya, mau numpang promosi neh. Saya baru saja merilis buku tentang perhotelan khususnya Butler dengan judul "Mendulang Uang dan Karir di Dunia BUTLER" - yang mana anda bisa dapatkan informasinya lebih lanjut di www.swesen.com Semoga bermanfaat buat rekan rekan hotelier. Salam, Komang Swesen (BUTLER = UANG + KARIR)

    ReplyDelete

Tips Sukses Interview Kerja di Hotel atau Kapal Pesiar