Puluhan info tentang lowongan kerja dalam negeri dan luar negeri akan di update disini, setiap harinya!!

Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja di Perhotelan

Salam Sukses, Sobat Hotelier.

Sudah lulus dari Sekolah atau kampus? Siap buat mencari kerja? Sudah menulis lamaran dan siap untuk interview? Oke, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja di Perhotelan . Apa saja sich acuan pertanyaan interviewer selain product knowledge, 3 bucket system, sequence of service for restaurant? bagaimana jawabannya? pasti banyak pertanyaan yang kita bayangkan saat mendengar kata interview, ya kan?
baiklah, kita simak yuk satu persatu Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja di Perhotelan

1. Tell about your self (ceritakan tentang diri Anda)
Pertanyaan ini memberi Anda kesempatan untuk menceritakan tentang diri Anda, Sebagaimana yang sering dibilang, kesan pertama itu menentukan segalanya, jadi Anda harus membuat jawaban Anda ringkas dan jelas. Untuk menjawabnya, sebutkan kualitas Anda, seperti kualifikasi, pendidikan, kepribadian dan pengalaman kerja. Bukan tentang kejadian pribadi atau keluarga.

2. What is your strength? (apa kelebihan Anda?)
Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan termudah dalam wawancara kerja, karena menyebutkan kelebihan diri lebih mudah dari menyebutkan kelemahan diri. Pada saat Anda ditanyakan pertanyaan ini, bicarakan kelebihan Anda yang dapat menkualifikasikan Anda dengan pekerjaan terkait.
Cara terbaik adalah mendeskripsikan kemampuan dan pengalaman Anda terkait atas kelebihan itu. Biasanya, pertanyaan ini akan diikuti dengan pertanyaan bagaimana kelebihan Anda dapat membantu pekerjaan terkait.

3. What is your weaknesses? (apa kelemahan Anda?)

Sekilas, pertanyaan ini sepertinya cukup sulit. Karena di satu sisi, Anda tidak boleh memberitahukan kelemahan Anda terkait atas pekerjaan yang dilamar, dan tentu saja di sisi lain jika Anda bilang Anda tidak punya kelemahan maka Anda berbohong. Jadi Bagaimana?
Ada beberapa cara menjawab pertanyaan bermata dua ini. Pertama, Anda dapat menyebutkan kelemahan yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar ini. Kedua, Anda dapat membuat seakan-akan kekuatan Anda adalah kelemahan, sebagai contoh: "Saya adalah orang yang terlalu teliti akan detail." Ketiga, Anda dapat menyebutkan kelemahan Anda dan membuktikan bahwa Anda telah melewati kelemahan tersebut atau Anda bisa menyebut kelemahan Anda dan menarik balik untuk menjadi kelebihan Anda, contoh, Im a perfectsionist, I want everything look nice that can imperest our guest, I know its took a little longer time, but I always practiced to make it faster.

4.  Why did you resigned from previous company?( Kenapa Kamu Keluar dari Tempat Kerja sebelumnya?)
Disini, interviewer sedang mencoba mengetahui apakah Anda dapat berkomitmen dengan pekerjaan Anda dan tidak keluar secara tiba-tiba. Interviewer juga coba menilai apakah pekerjaan yang Anda lamar sesuai dengan keinginan Anda.
Ada berbagai alasan yang dapat diterima dalam keluar dari pekerjaan. Tetapi, jika di interview cobalah untuk menjawab dengan positif, jangan menjawab mengapa Anda tidak senang dengan tempat kerja Anda sebelumnya, hindari untuk membuka kelemahan perusahaan Anda sebelumnya, karena image yang akan dihasilkan adalah Anda seorang penuntut dan senang membuka rahasia perusahaan, atau hindari menceritakan kelemahan personel atau teman kerja Anda sebelumnya, ini membuat Anda terlihat tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja.

5. Have You Heard About Our Company? (apa Anda pernah mendengar tentang perusahaan kami?)
Tentu saja, cari referensi tentang perusahaan yang akan Anda lamar, sejarah perusahaan, kantor pusat, berapa hotel,restaurant atau kapal yang perusahaan dimilki, kelebihan apa yang 'dijual' perusahaan sebagai identitas pelayanannya dan banyak lagi. Semakin banyak referensi, semakin mudah Anda menjawab pertanyaan ini.

6. What made you want to work here? (apa yang membuat Anda ingin bekerja disini?)
Sebutkan semua keunggulan perusahaan yang akan dilamar, hindari keinginan pribadi walaupun itu memang tujuan Anda, contoh, gaji yang besar, posisi yang bagus, tunjangan atau fasilitas karena itu membuat persepsi materialism dan penuntut. Ceritakan sedikit keunggulan personality Anda, dan bagaimana itu bisa membantu perusahaan menerima Anda sesuai bidang yang di lamar.

7. Why we should to hire you? (Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?)
Pertanyaan ini sebenarnya serupa dengan pertanyaan "Apa Kelebihan Kamu?" Bedanya, ini lebih luas. Di sinilah Anda akan mencoba menyebutkan pengalaman, kemampuan, pendidikan dan kepribadian Anda terkait atas pekerjaan tersebut. Lebih baik lagi jika Anda dapat memberikan contoh nyata akan kelebihan Anda.
Jika Anda tidak dapat menemukan jawaban yang tepat karena tingkat persaingan yang tinggi, cobalah cari ke kepribadian Anda. Seperti keinginan Anda yang keras, keaktifan Anda dan sebagainya. Karena interviewer menyukai seseorang yang aktif. Ingat, dalam mendeskripsikan hal ini tetaplah percaya diri dan termotivasi.

8. How Would You Handle Guest Complaints?(bagaimana Anda menangani keluhan pelanggan?)
Salah satu alasan interviewer menanyakan hal ini adalah untuk mengukur kemampuan Anda untuk bereaksi cepat sesuai posisi yang Anda lamar, juga kemampuan bekerja sama dalam tim, dan pentingnya tolong menolong dalam tim. Ceritakan, ketenangan Anda dalam menghadapi situasi seperti ini, tetap fokus pada kebutuhan pelanggan karena itu adalah tujuan utama Anda, berikan perhatian penuh -catat keluhan pelanggan bila perlu, inform to supervisor or manager.

9.What hours are you available to work? how about overtime? (berapa jam Anda bersedia bekerja? bagimana dengan overtime?)
Ceritakan gairah Anda dalam bekerja, dan pastikan Anda mempunyai loyalitas yang diperlukan perusahaan, fokus pada kebutuhan perusahaan seperti overtime.

10. What Would You Do If You Saw a Co-Worker Stealing?
 Kejujuran adalah modal utama dalam industri perhotelan, mungkin lebih dari bidang lain, karena tamu percaya pekerja hotel yang masuk di kamar mereka tidak mencuri barang pribadi. ceritakan kepada interiewer bahwa Anda akan menjadi yang pertama menemukan solusi sesuai prosedur dan peraturan perusahaan untuk melaporkan kejadian ini. Pastikan kepada interviewer bahwa kejujuran adalah nama baik perusahaan, dan jelaskan bahwa Anda akan tetap bekerja dan tidak membuat gosip atau rumor tentang hal ini.

11. What is your vision and mission?(apa misi dan visi Anda?)
Visi adalah pandangan kedepan, baik Anda secara personal dan kaitkan dengan visi perusahaan, bagaimana Anda bisa membuat satu visi yang mendukung visi perusahaan.
Misi adalah tindakan yang dilakukan untuk mencapai visi tersebut,dan kaitkan dengan misi perusahaan, contoh, my mission to make Bali as a central of tourism, so to reach my mission i'll work passionly to built great images together with this company.

12. What is the meaning of hygiene and sanitation for you and for your job?(apa arti kebersihan dan kesehatan buat Anda dan pekerjaan Anda?)
Jelaskan pada interviewer bahwa kebersihan dan kesehatan adalah kebutuhan semua orang, termasuk Anda pribadi dan pelanggan. Dalam industri perhotelan, kwalitas dari pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan secara dasar diukur dari tingkat kebersihan dan kesehatan. Sehat dalam arti pelanggan merasa aman untuk mengonsumsi atau tinggal di hotel, hal itu adalah wajib.

13. How much salary you're expect for this position? (berapa gaji yang Anda harapkan untuk posisi ini?)
This question is always a tricky one and a dangerous game to play in an interview. It is a common mistake to discuss salary before you have sold yourself and like in any negotiation, knowledge is power. Do your homework and make sure you have an idea of what this job is offering. You can try asking them about the salary range. If you want to avoid the question altogether, you could say that at the moment, you are looking to advance in your career and money isn't your main motivator. If you do have a specific figure in mind and you are confident you can get it, then it may be worth going for. - See more at: http://www.hcareers.com/us/resourcecenter/tabid/306/articleid/819/default.aspx#sthash.S0QeLbU3.dpuf
Ini adalah pertanyaan jebakan, akan bijaksana bila Anda ikuti arahnya, bukan hanya menjawab, 'tergantung pada perusahaan' , 'terserah' atau menyebut angka sesuka Anda. Jelaskan bila Anda mengharapkan gaji sesuai dengan tanggung jawab kerja Anda dan mengikuti kebijakan perusahaan. Tanyakan pada interviewer , range salary yang perusahaan berikan untuk posisi yang Anda lamar. Atau bila Anda ingin mengelak dari pertanyaan ini, jawab pertanyaan interviewer bahwa untuk saat ini Anda lebih berfokus pada karir uang bukanlah motivasi utama.

14. If you are selected, how do you will take a respond about the different cultures, nationalities, religion? (Bila Anda terpilih, bagaimana Anda menanggapi tentang perbedaan budaya, kewarga negara-an dan agama?) -Untuk interview di kapal pesiar atau hotel di luar negeri-
Disini interviewer ingin menguji kesiapan mental Anda saat bekerja jauh dari keluarga, mengatasi problem yang mungkin terjadi di tempat kerja dikarenakan perbedaan yang kompleks. Yakinkan pada interviewer tekad Anda, perbedaan itu akan selalu ada, maka beradaptasi, bisa membawa diri, dan saling menghargai adalah kuncinya.

15. Do you have any question?(Anda punya pertanyaan?)
Akan lebih menunjukkan kalau Anda berantusias dengan pekerjaan yang dilamar bila Anda mengajukan pertanyaan tentang interview tersebut, bukan tentang fasilitas, tunjangan, day off, atau sesuatu tentang rahasia perusahaan, dll.
Ajukan pertanyaan yang berbobot, misal , qualifikasi calon karyawan yang akan diterima, deskripsi pekerjaan, dll. Persiapkan pertanyaan yang menggambarkan antusisme, kompetensi, percaya diri, profesional dan ketahanan uji Anda.

Demikian Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja di Perhotelan yang saya rangkum dari beberapa sumber dan dari pengalaman pribadi, semoga bermanfaat buat Sobat Hotelier semua. Bila ada pertanyaan, kritik dan saran jangan ragu untuk meninggalkan comment, dan share bila menurut Sobat ini berguna untuk yang lain.
Terima kasih, Salam Sukses!!







Sumber                   : http://www.hcareers.com/us/resourcecenter/tabid/306/articleid/819/default.aspx
                                  http://work.chron.com/questions-hr-ask-during-hotel-interview-should-ask-them-24945.html
                                  http://www.tahupedia.com/content/show/97/10-Pertanyaan-Paling-Sering-Diajukan-Dalam-Wawancara-Kerja  
                                  http://tipskarir.com/contoh-pertanyaan-wawancara-kerja-beserta-jawabannya/




9 comments:

Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja di Perhotelan